Selamat Jalan Hellenburg, Bahagianya Masa Kecil Ditemani Karyamu

Belum lama rasanya kabar duka datang atas meninggalnya Stan Lee sang kreator super hero Marvel, kini kabar duka kembali menyelimuti dari dunia hiburan. Stephen Hillenberg adalah sang kreator dari tokoh kartun animasi SpongeBob, dikabarkan tutup usia pada tanggal 26 November 2018 dengan 57 tahun. Hal tersebut dibenarkan oleh Nickelodeon, perusahaan yang selama ini menyiarkan serial kartun SpongeBob sejak tahun 1999.

“Kami berduka untuk membagikan kabar meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini, kami mengheningkan cipta untuk menghormati kehidupan dan karyanya,” kurang lebih itulah isi dari cuitan Nickelodeon lewat akun Twitter resminya.

Penyebab meninggalnya Stephen Hillenberg diketahui atas penyakit Skelerosis Lateral Amiotrofik (ALS) yang ia derita semenjak bulan Maret 2017. Penyakit yang ia derita nampaknya sama seperti penyakit sang ilmuan terkenal, Stephen Hawking. Kepergian Stephen Hillenberg tentu meninggalkan banyak kesediahan, terlebih bagi para penggemar setia serial kartun SpongeBob.

Dibalik ketenaran tokoh animasi SpongeBob yang masih sering kita saksikan di layar kaca, ada beberapa fakta yang perlu kamu tahu dari sang kreator SpongeBob, Stephen Hillenberg. Apa saja itu? Berikut adalah faktanya!

1. Aminator Bukan Profesi Pertamanya

Lahir di pos United States Army Fort Sill di Lawton, Oklahoma pada 21 Agustus 1961. Hillenberg tumbuh menjadi seorang yang memiliki jiwa seni dalam dirinya. Memiki ayah yang bekerja sebagai drafter dan disainer pada perusahaan dirgantara dan neneknya yang memiliki bakat sebagai seorang pelukis yang hebat.

Sebelum menjadi seorang animator, ternyata ia pernah merasakan beberapa pekerjaan yang sempat ia lalui. Pekerjaan yang sempat ia geluti diantaranya menjadi seorang koki si rumah masakan siap saji, menjadi park service hingga akhirnya ia menjadi pengajar biologi laut di Ocean institute selama tiga tahun lamanya setelah lulus dari kuliahnya.

 

2. Menggemari Dunia Bawah Laut

Sejak kecil, ternyata Hillenburg memang sudah menggemari kehidupan laut. Terlebih setelah dari pengakuannya bahwa dia gemar menonton beberapa film yang di buat oleh Jacques Cousteau, sang ahli laut dari Prancis. Saat di usia 15 tahun, untuk pertama kalinya ia lakukan snorkling di Laguna Beach dan tentu melihat apa yang sebelumnya hanya diangan-angan mengenai dunia bawah laut.

Tak hanya itu, ketika ia berada pada sebuah perpustakaan ia pun terhanyut oleh gambar-gambar hitam putih tentang menyelam.  Beberapa pengalaman yang ia rasakan ternyata membawanya untuk lebih dalam lagi mempelajari kehidupan laut di saat kuliah.

 

3. SpongeBob Bukan Karya Animasi Pertamanya

Meski dilihat bahwa serial kartun SpongeBob Square Pants adalah karya yang paling laris dan fenomenal, ternyata SpongeBob bukanlah karya animasi pertamanya. Film pendek berjudul The Green Beret pada tahun 1991 adalah karya pertamanya dalam animasi.

The Green Beret mengisahkan tentang seorang anak yang mengenakan topi baret dengan memiliki tangah yang besar. Dengan keterbatasan fisik pada tangannya mampu merusak rumah hingga menghancurkan bangunan sampai rata. Berikut adalah film pendek animasi karya Hellenburg dengan judul The Green Beret.

 

4. Mengganti Nama Tokoh SpongeBob

Pada saat diciptakan, tokoh Sponge awalnya dinamakan SpongeBoy dan acaranya akan diberi nama dengan sebutan SpongeBoy Ahoy!. Namun, setelah dilakukan perekaman suara, ternyata Nama SpongeBoy sudah digunakan sebagai produk kain lap.

Namun, walau namanya sudah digunakan, Hellenburg tetap ingin menggunakan kata sponge karena dengan warna karakternya yang kuning dan berlubang-lubang (berpori-pori) hellenburg tidak mau jika tokoh karakter yang ia buat disalalah artikan sebagai Manusia Keju. Dan akhirnya tokoh SpongeBoy diubah namanya menjadi Sponge Bob. Dengan menambahkan nama SquarePants sebagai nama keluarganya sebab berbentuk kotak pada tokoh karakter.

 

5.Turut Berperan dalam Serial SpongeBob

Selain sebagai kreator dari tokoh animasi SpongeBob, Hellenburg juga ambil andil dalam serial kartunnya. Dalam serial SpongeBob, Hellenburg sempat mengisi suara tokoh karakter dari Potty the Parrot sang burung kakatua yang dimiliki oleh sang bajak laut.

Tak sampai selesai, Hellenburg harus izin pamitan dari acara tersebut pada tahun 2004 dan Tibbitt menggantikan peran suaranya sebagai Potty the Parrot.

Itulah beberapa fakta yang mungkin kamu tidak ketahui dari seorang kreator SpongeBob, Stephen Hellenburg. Sama halnya dengan Stan Lee, mungkin dirinya telah pergi untuk selama – lamanya namun karyanya tentu akan selalu hidup sepanjang masa.

Terima kasih Hellenburg, engkau telah menciptakan sebuah tokoh yang menemani kami dalam menjalani masa kecil yang bahagia. Selamat jalan Stephen Hellenburg.

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.