Selamat Hari Disabilitas Internasional, Kesetaraan Milik Bersama

Pada hari ini, tepat tanggal 3 Desember dari semua belahan dunia memperingati hari Disabitas Internasional, tanpa kecuali Indonesia. Intenational Day of Persons with Disabilities atau disebut juga dengan hari Penyandang Cacat Internasional jatuh setiap pada tanggal 3 Desember.

Pada tahun ini, peringatan hari disabilitas Internasional sudah memasuki tahun ke-26 semenjak diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Tujuan dari peringatan Hari Disabilitas Internasional untuk mengembangkan wawasan masyarakat terhadap persoalan yang terjadi terkait kehidupan para penyandang disabilitas serta memberikan dukungan dalam meningkatkan martabat, hak serta kesejahtraan para penyandang disabilitas.

Dan tema yang diangkat untuk perayaan tahun ini adalah “memberdayakan dan memastikan inklusivitas juga kesetaraan bagi penyandang cacat”.

Tema di atas diangkat untuk mewujudkan apa yang dinyatakan oleh PBB bahwa pada tahun 2030 masyarakat bisa berjalan beriringan dalam membangun bersama tanpa melihat adanya perbedaan rupa dan tidak meninggalkan siapa pun atas dasar kelompok maupun golongan, termasuk penyandang disabilitas.

Baca Juga : Kenali Lebih Dalam HIV/AIDS, Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya!

Seperti kemeriahan pada peringatan lainnya, peringatan Hari Disabilitas International pun sangat disambut meriah oleh berbagai negara tanpa terkecuali di Indonesia.

Kali ini perhelatan Hari Disabilitas Internasional atau yang disingkat HDI diadakan di sebuah Mal di Bekasi. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun turut hadir atas acara peringaratan HDI. Sebuah apresiasi diutarakannya dengan mencontohkan para penyandang disabilitas yang menorehkan prestasi di ajang Asian Para Games 2018 di bulan September lalu.

Dengan semangat,tekat dan kerja keras serta kreativitas yang dimiliki akan menghasilkan sebuah prestasi tanpa terkecuali kepada penyandang disabilitas.

Pada kesempatan acara yang diselenggarakan presiden RI secara simbolis turut menyerahkan bantuan kepada penyandang Disabilitas. Diantaranya 1000 kursi roda, 2000 alat bantu dengan serta penghargaan atas prestasi para penyandang disabilitas yang inspiratif.

Acara peringatan Hari Disabilitas International diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 2-3 Desember 2018. Dengan diisi berbagai acara seperti talk show pengetahuan seputar disabilitas hingga menunjukkan produk=produk hasil kreasi para penyandang disabilitas.

Dengan adanya perhelatan akbar ini semoga kedepan para penyandang disabilitas makin diperhatikan lagi dan maju bersama untuk membangun negeri ini tanpa adanya perbedaan kelompok maupun golongan.  

Selamat Hari Disabilitas Internasional, ayo tunjukkan pada dunia kalau kita sama dan kita bisa!

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.