Melihat Kondisi Para Nelayan di Hari Nelayan Nasional, Apakah Sudah Sejahtra?

Tahukan Milioners, pada tanggal 6 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional? Memang sejak kapan ditetapkannya? Perlu milioners ketahui pula, bahwa peringatan tersebut telah ditetapkan pada tahun 1960, sejak pemerintahan Orde Baru.

Sebenarnya Milioners perlu ketahui, adanya Hari Nelayan Nasional diperingati dikarenakan sebagai bentuk mengapresiasi jasa nelayan Indonesia sebagai pemenuhan kebutuhan protein serta gizi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Walaupun perayaan Hari Nelayan Nasional yang diperingati di setiap tahunnya, sayangnya tidak semua provinsi merayakan hari nelayan tersebut, serta kalian ketahui berdasarkan dari data kementrian kelautan dan perikanan, pada tahun 2012 sudah tercatat sekitar 2,75 juta penduduk indonesia yang berprofesi sebagai nelayan.

Kendati terbilang Jumlahnya besar, serta kekurangan kapal dan dalam peralatan penagkap ikan di kalangan nelayan menjadi suatu hal yang di takutkan oleh nelayan, hal tersebut membuat perikanan nasional sulit berkembang.

Kementrian kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan solusi dalam bentuk bantuan berupa kapal dan peralatan nelayan yang terbilang ramah linkungan, hal tersebut bertujuan untuk memberikan peluang kepada nelayan lokal supaya bisa melaut.

Sejarah Festival Hari Nelayan

Serta Lahirnya peringatan Hari Nelayan diketahui, awal mulanya berada di Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, perayaan tersebut adalah sebuah tradisi turun-temurun, hal tersebut di lakukan untuk memngungkapkan rasa syukurnya dalam kesejahterahan hidup.

Saat ini  dalam festival nelayan yang di selenggarakan di Pelabuhan Ratu tidak lagi menggunakan sesajen yang pada umumnya melainkan untuk saat ini yang di gunakan berupa benih ikan, benih udang, dan pelepasan anak penyu, serta perlu sodara ketahui keadaan geografis Indonesia yang berdekatan dengan dua samudra yaitu samudara Pasifik dan Hindia.

Suatu hal yang tidak aneh jika indonesia memiliki dalam potensi perikanan yang begitu besar. Dalam hal tersebut yang sanggat terlihat dari kebanyakan penduduk yang berprofesi sebagi nelayan.

Akan tetapi pada kenyataannya kekayaan pelaut yang di miliki Indonesia, sanggat berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat yang bertempat tnggal di pinggir laut. Sebagai hal tersebut untuk peringatan di Hari Nelayan Nasional yaitu sebagai bentuk untuk lebih mengingat serta bersyukur serta memajukan kesejahteraan nelayan.

Seperti inilah sejarah mengenai Hari Nelayan Nasional yang di peringati oleh masyarakat Indonesia

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.