Keutamaan Kurma Bagi Tubuh Di Saat Berbuka Puasa

Salam kehangatan makin terpancar dari orang – orang yang telah menjalankan ibadah puasa selama seharian, terutama saat mendengar suara adzan maghrib berkumandangan, tanpa terkecuali kalian juga kan sobat milioners? Baik di setiap sudut kota maupun desa, banyak orang yang mempersiapkan hidangan untuk membatalkan puasanya. Karena banyaknya variasi makanan dan minuman pada bulan Ramadhan, terkadang kita tidak sempat lagi memperhatikan baik buruknya pada kesehatan, yang penting makan dan minumannya menggunggah selera.

Menyinggung tentang makanan saat berbuka puasa, mengingatkan kembali hal baik yang pernah dianjurkan dalam berbuka puasa. Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barokah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu memurnikan. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizy).

Dari anjuran tersebut, menyatakan bahwa kurma adalah buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Dikatakan baik, karena pada kenyataannya buah kurma memang banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya kandungan vitamin, kalsium serta zat besi.

Ada beberapa keutamaan yang bermanfaat bagi tubuh kita lho saat berbuka puasa dengan kurma, diantaranya :

  • Menambah energi. Energimu akan meningkat kembali setelah digunakan untuk segala macam aktivitas selama seharian. Kurma dipercaya memberikan energi karena didalamnya mengandung glukosa yang berperan bagi sebagai sumber energi. So, jika dalam seharian ini sobat milioners merasa lemas, siapkan kurma untuk berbuka puasa.
  • Kurma mampu menahan nafsu makan berlebih. Sudah jelas dong dikala seharian berpuasa, pasti rasa lapar datang melanda. Nah, biar sobat milioners nantinya enggak kalap buat makan semua makanan yang ada, kalian bisa siasatinya dengan berbuka dengan kurma terlebih dahulu. Cocok jugalah buat yang lagi jalani diet.
  • Menetralisir organ pencernaan. Ternyata mengkonsumsi kurma di saat berbuka itu baik lho sob, nyatanya tekstur pada kurma itu sebenarnya sangat mudah dicerna organ pencernaan kita. Jadi, selanjutnya si organ ini enggak akan merasa kaget lagi menerima asupan makanan lainnya.

Semua itu bisa sobat milioners dapatkan asal tidak berlebihan. Inget ya sob, sesuatu yang berlebihan itu enggak baik. Jadi, bila kita mau mendapatkan keutamaan yang baik dari kurma, konsumsilah kurma dengan secukupnya.

Tapi perlu dicatat nih sob, kurma yang baik adalah kurma yang tidak banyak mengandung gula, karena di Indonesia sendiri, kebanyakkan adalah kurma yang sudah dijadikan manisan yang tentu kandungan gulanya sudah belipat ganda.  Kalaupun kita sulit menemukan kurma yang benar - benar asli kurma, bisa kita siasati dengan mencari kurma yang kandungan gulanya paling sedikit.

Selamat berburu kurma!

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.