Film dan Selebriti Super Jadoel Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Hi Milioners, pastinya faham khan bahwa banyak banget film atau tontonan sinematografi berunsur cerita yang udah ada di atas muka bumi ini yang sudah dinikmati khalayak sejak jaman baheula (jaman jadul banget hehehhee).

 

Sekadar informasi yah kerjaan sinematografi dulu dimulai dengan diciptakannya film dokumenter singkat yang pertama kali di dunia oleh Lumiere bersaudara. Film pertama itu berjudul Workers Leaving the Lumiere's Factory dan hanya berdurasi beberapa detik saja.

 

Selain itu ceritanya hanya menggambarkan para pekerja pabrik yang pulang dan meninggalkan tempat kerja mereka di pabrik Lumiere. Meski begitu film ini tercatat dalam sejarah sebagai film pertama yang ditayangkan dan diputar di Boulevard des Capucines di kota Paris, Prancis. Tanggal pemutaran film itu pada tanggal 28 Desember 1895 kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya sinematografi.


Sejak itu pun muncul film film pendek lain yang dibuat. Awalnya pembuatan film memang tidak memiliki tujuan dan alur cerita yang jelas dan kontinyu. Para pembuat film hanya merekam gambar dan keadaan di sekeliling mereka. Namun kemudian ide pembuatan film mulai merambah dunia industri. Film film pun mulai dibuat dengan lebih berkonsep dan memiliki alur cerita yang jelas.

 

Kalo di negeri kita film pl yang dibuat pertama kalinya di Indonesia adalah film bisu tahun 1926 yang berjudul Loetoeng Kasaroeng dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Kruger dan L. Heuveldorp.

 

Baca Juga : Ngaku Pecinta Film? Saatnya Adu Wawasanmu Di Movie Month KuisMilioner

 

Nah sekarang kembali ke tema kita yaitu mengulik film film jaman dulu di abad ke-20 ini khususnya di Indonesia ini.

 

Sejarah perkembangan film di Indonesia mencatat sejumlah pemunculan film fenomenal yang bisa dikatakan sukses besar dalam menorehkan keberhasilan sebagai film atau tontonan sinematografi terlaris, ter epic dan terfavorit,pokoknya yang fenomenal lha. Film film tersebut di antaranya adalah:

 

1. Si Doel 

Film ini muncul pertama kali di layar perak di era tahun 70 an dengan pemeran utama Rano Karno yang kala itu masih bocah dan Benyamin Sueb almarhum. Film ini menjadi fenomenal karena ceritanya yang memikat mengenai kehidupan anak betawi. 

Puluhan tahun kemudian, dengan pemeran yang sama yaitu Rano Karno dan pemeran Babe yang juga sama yaitu almarhum Benyamin Sueb film si Doel di remake dalam serial sinema elektronik atau sinetron di layar kaca yang juga booming dan sangat fenomenal berjudul Si Doel Anak Sekolahan. 

Temanya jelas masih sama yaitu masyarakat Betawi asli dengan segenap kehidupan sosial dan percintaannya. 

Bahkan menariknya si Doel Anak Sekolahan di tahun 2018 ini juga sukses dikemas menjadi film layar lebar dengan menonjolkan tema cerita yang paling update mengenai kehidupan si Doel setelah belasan tahun kemudian. Dan kembali menjadi booming serta ditonton jutaan penggemarnya. 
 

2. Catatan Si Boy

Film jadul satu ini mulai muncul di era 80an setelah sebelumnya sukses sebagai serial sandiwara radio Prambors. Kehebohan film ini karena dibintangi aktor rupawan pendatang baru Onky Alexander sebagai Boy dan pemeran 'bences’ si Emon yang dimainkan dengan sempurna oleh almarhum Didi Petet.

Temanya mengangkat kaum muda kala itu yang lengkap dengan kemewahan namun berjiwa sosial tinggi plus adegan adegan cukup syur dan kocak yang memang menjadi trade marknya.

 

3. Benyamin S

Aktor multitalented tanah kemayora ( penyanyi,musisi, lenong, pendakwah, dll)  yang wafat karena penyakit jantung pada tahun 1995 ini memang terus melegenda hingga detik ini.

Banyak filmnya yang laris manis di pasaran film Indonesia sejak era film 70 an, sebut saja diantaranya yang box office Betty Bencong Slebor, Buaye Gile, Musuh Bebuyutan, Biang Kerok dan seabrek lainnya.

Belum lagi bejibun album musiknya dengan berbagai penyanyi ternama masa itu hingga kemunculannya sebagai Babenya si Doel di sinetron terbaik Indonesia Si Doel Anak Sekolahan di era 90 an. Hal terpenting yang sangat menarik dari film-film Benyamin Sueb ini adalah latar belakang dan lakon Betawi yang sudah menjadi trademark sejatinya hingga dikenal banyak orang.

 

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.