Bagaimana Awal kisah terjadinya Hari Valentine? Ini Sejarah Singkatnya!

14 Februari sebentar lagi! Tahu dong setiap tanggal itu ada apa? Yup, bener banget Milioners, ada hari Valentine. Tanggal yang sering disebut sebagai hari kasih sayang ini biasanya dirayakan di seluruh belahan dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Meski di Indonesia sendiri terjadi pro kontra mengenai perayaan tersebut.

Btw, sebelumnya Milioners tau nggak sih kisah awal terjadinya hari valentine atau hari kasih sayang ini? Dan kenapa jatuh di setiap tanggal 14 Februari? Sebelum ada berbagai versi yang menceritakan awal terjadinya hari kasih sayang, karena banyaknya sumber dan cerita, pada kesempatan ini mungkin hanya salah satu versi saja yang akan diceritakan.  

Dan bagi yang belum tau kisahnya, mungkin ini bisa membantumu untuk menjawab seperti pertayaan di atas.

Berawal dari seorang pendeta Kristen bernama Santo Valentines yang memegang teguh pendiriannya untuk menikahkan pasangan pada zaman kekaisaran Claudius II. Kaisar Claudius II pada masa itu dikenal sebagai pemimpin yang sangat kejam terhadap rakyatnya. Salah satu kekejamannya adalah mengeluarkan larangan bagi para pemuda untuk menikah.

Larangan tersebut bekaitan terhadap adanya peperangan dan mengharuskan para pria khususnya untuk ikut berperang serta meninggalkan orang-orang yang disayangi. Dari larangan itu ternyata tidak semua rakyat yang mengikutinya dan justru terjadi banyak protes dari berbagai kalangan.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Paling Dicari Dan Disiapkan Di Hari Kasih Sayang!

Bahkan sang pendeta Santo Valentino pun mengindahkan larangan tersebut dan tetap menikahkan para pasangan yang ingin meresmikan hubungannya. Kaisar Claudius II akhirnya mengetahui aktivitas pendeta Santo Valentino, akibatnya usai ia menikahkan sepasang dua sejoli, akhirnya Santo Valentines pun ditangkap dan diberi hukuman dengan dipenggal kepalanya.

Semenjak kejadian itu, akhirnya rakyat dibawah kekaisaran Claudius II merasakan kesedihan yang mendalam terhadap perjuangan sang pendeta untuk mempersatukan cinta dua insan manusia. kabar kesedihan pun menyebar ke seluruh pelosok negeri hingga ditetapkan hari kasih sayang.

Namun, terlepas dari kisah kelam dari salah satu versi cerita hari valentine. Menurut sejarah lain menyebutkan bahwa perayaan hari kasih sayang sebenarnya sudah ada sejak tahun 4 SM (sebelum Masehi) yang salah satu keyakinan bangsa romawi adalah untuk menghormati dewa Lupercus (dewa kesuburan).

Budaya tersebut akhirnya berkembang, sebagai persembahan orang-orang yang jatuh cinta akan melakukan tukar hadiah dengan symbol-simbol cinta kepada pasangannya.

Itulah sedikit kisah yang mungkin bisa disampaikan mengenai asal usul hari kasih sayang yang jatuh pada bulan februari. Seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, ada banyak berbagai versi mengenai Valentine Day, dan ini mungkin sedikit gambaran yang terjadi terciptanya hari kasih sayang dari salah satu versi.

Kembali lagi kepada Milioners yang mempercayainya, yang pasti dalam mengungkapkan kasih sayang sebenarnya tidak harus menunggu momen valentine day datang ya. Lakukan hal terbaik untuk orang-orang yang kamu kasihi meski hanya sedikit hal yang mampu kamu berikan.

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.