Awas! Barisan Bahaya Mengancam Perokok Elektrik (Vape)

Apa itu rokok elektrik?

Vape atau Rokok elektrik merupakan produk yang menghantarkan aerosol atau uap yang mengandung nikotin dengan memanaskan cairan yang terdapat pada alat pembakarannya. Bagian umum yang bisa kamu ketahui dari rokok elektrik (vape) diantaranya:

  1. Battrei (bagian yang berisi Baterai)
  2. Atomizer (bagian yang memanaskan dan menguapkan larutan nikotin)
  3. Cartidge (Berisi cairan atau larutan nikotin)

Dan kandungan yang dihasilkan dari uap (asap) serta sebab yang berasal rokok elektrik (Vape) adalah:

  1. Nikotin – dapat menyebabkan adiksi atau ketagihan
  2. Karsinogen – menyebabkan penyakit kangker
  3. Bahan Berbahaya Lainnya – iritatif dan menimbulkan peradangan

Lalu apa lagi kira-kira kandungan berbahaya lainnya yang terdapat dalam rokok elektrik? Berikut adalah kandungan berbahaya lainnya:

  1. Gycol, glycerol,
  2. Logam, heavymetal,
  3. Formaldehidem aldehyde,
  4. Nitrosamin (TSNa),
  5. Silikat dan Nanopartikel,
  6. Particulate Matter (PM)

Semua kandungan di atas merupakan bahan berbahaya bagi tubuh yang dapat menghasilkan racun serta karsinogen dan akibat fatalnya adalah menyebabkan kanker.

Lalu apakah rokok elektrik lebih berbahaya dengan rokok konvesional?

Dalam hal ini, sebenarnya sama-sama memiliki efek bahaya yang sama. Karena rokok elektrik dan rokok konvensional sama-sama mengandung zat Nikotin, bahan karsinogen dan sama-sama mengandung bahan toksik (racun) lainnya. Dan intinya kedua rokok tersebut sama-sama menyebabkan Adiksi dan jelas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Risiko yang diakibatkan oleh rokok elektrik terhadap kesehatan tubuh diantaranya; menimbulkan Adiksi atau ketagihan karena zat nikotin yang terkandung, terjadi iritasi dan peradangan terhadap saluran napas, dapat menurunkan fungsi hati, serangan penyakit asma atau Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) meningkat, menyebabkan Kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Rokok elektrik dapat diasumsikan pula sebagai pintu masuk untuk merokok secara konvensional dan penyalahgunaan narkotika. Dalam penelitian Annu. Republic Health 2018 39:215-35 menyatakan bahwa terbukti menjadi pintu (gateway) para remaja menggunakan rokok konvesional (cigarette), dan News England Journal of Medicine 2014 menyatakan bahwa diperkirakan menjadi “pintu masuk penggunaan obat-obatan terlarang (Narkotika drugs).

Evaluation of E-Cigarette-FDA 2009 menyebutkan bahwa Rokok elektrik mengandung tobacco specific nitrosamines (TSNA) dan Diethylenegycol (DEG) yang bersifat Karsinogen (menyebabkan kanker). Journal of Public health Policu 2011: 32(1): 16-31 menyatakan Rokok elektrik tidak bisa dikatakan aman karena mengandung bahan karsinogen (bahan penyebab kanker) dan tidak ada batas aman untuk karsinogen.

Dapat disimpulkan bahwa rokok elektrik sama sekali tidak terbukti dapat membantu untuk berhenti merokok, hal tersebut disampaikan juga dalam World Health Organization (WHO) 2014. Selain itu uap rokok eketrik sendiri tidak hanya membahayakan diri sendiri namun mengancam kesehatan orang di sekitarnya juga. Orang-orang di sekitar akan menghirup Uap rokok elektrik yang menganung Nikotin, partikel halus, dan bahan toksik (racun) yang tentu berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Ayo hindari rokok elektrik sekarang juga demi kesehatan kamu, dan mulailah hidup tanpa rokok!

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.