Apa Alasan Tanggal 1 April Ditetapkannya Hari Penyiaran Nasional? Ini Jawabannya!

Perlu kita ketahui bahwa di tanggal 1 April bukan hanya sebagai April Mop saja akan tetapi bagi kalangan penyiaran di tanah air kita ini memiliki keinginan lain. Bahwasannya mereka mengusulkan di tanggal 1 di bulan april sebagai hari penyiaran nasional. Dikarenakan di tanggal tersebut, pada 77 tahun lalu, berdirinya radio pertama di tanah air yang dimiliki oleh bumiputera.

Dalam usulan tersebut yang tertuang dalam Deklarasi Hari Penyiaran Nasional yang di tanda tangani di Balaikota Surakarta pada tanggal 1 April 2010. Serta dalam isi naskah deklarasi yang di sebutkan bahwa di tanggal 1 April 1933 berdirinya lembaga penyiaran moderen untuk pertama yang di miliki bangsa indonesia bernama Soloche Radio Vereeniging (SRV) yang bertepatan di Solo.

Dalam pendirian radio tersendiri ialah KGPAA Mangkunegoro VII, raja Istana Mangkunegaran Surakarta saat itu. Yang bertujuan pendiriannya ialah membangkitkan jiwa semangat kebangsaan, profesional serta berani dalam bersaing dengan stasiun radio yang dimiliki pemerintah Hindia Belanda yang telah ada sebelumnya.

Dengan pertimbangan seperti itu insan penyiaran indonesia mengusulkan 1 April sebagai hari penyiaran nasional, serta mengusulkan KGPAA Mangkunegoro VII sebagai bapak penyiaran nasional.

Deklarasi yang di tandatangani oleh Sasa Djuarsa Sendjaja (Ketua KPI Pusat), Bimo Bayu Nimpuno (RRI), Hendra Budi Rachman (TVRI), Martinus Kermite (PRSSNI), Arief Suditomo (mewakili TV Siaran Swasta), Bambang Hoesodo (Radio Komunitas), Paulus Widiyanto (Masyarakat Cipta Media), Hari Wiryawan (penggagas acara).

Kesejumlah wartawan, Sasa Djuarsa mengucapkan perkataan yang isinya mengatakan sudah sepantasnya menetapkan 1 April sebagai hari penyiaran nasional sebagai penghargaan yang setimpal kepada anak bangsa yang mana telah memberikan sumbangsi yangtak terhingga teruntuk pejuang bangsa.

Selain itu Sasa juga menghimbau untuk kepada praktisi penyiaran, khususnya teruntuk radio, untuk mengoreksi kembali hari radio yang selama ini di peringati dengan mendasarkan pada hari ulang tahun RRI. Setelah ditemukannya mengenai fakta tentang sejarah berdirinya SRV yang berada di solo, sebaiknya radio juga di tetapkan di tanggal 1 April, ucap Sasa.

Klik tombol dibawah ini untuk melihat halaman selanjutnya.